Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

 

PROFIL DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KABUPATEN SINTANG          

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah yang merupakan hasil dari pengembangan Kantor Kependudukan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka Pemerintah Kabupaten Sintang telah menetapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam peraturan Daerah Kabupaten Sintang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sintang. Peraturan Daerah tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Sintang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang. Berdasarkan Peraturan Daerah dan  Peraturan Bupati tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan unsur Pelaksana Pemerintah Kabupaten Sintang yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati Sintang melalui Sekretaris Daerah sesuai dengan bidang kewenangan.

Berdasarkan Pasal 3 Peraturan Bupati Nomor 40 Tahun 2008 bahwa Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  terdiri dari :

 

a.    Kepala;

b.    Sekretariat, terdiri dari :

        1) Sub Bagian Keuangan dan Program;

        2) Sub Bagian Aparatur dan Umum;

        3) Sub Bagian Perlengkapan;

c.     Bidang Pencatatan Sipil, terdiri dari :

        1) Seksi Perkawinan dan Perceraian;

        2) Seksi Kelahiran,Kematian,Pengakuan dan Pengesahan Anak;

d.    Bidang Kependudukan, terdiri dari:

        1) Seksi Pendaftaran dan Pendataan Penduduk;

        2) Seksi Pencatatan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting;

        3) Seksi Pelayanan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk;

e.    Bidang Pelayanan Informasi Kependudukan , terdiri dari :

        1) Seksi Sistem dan Teknologi Informasi;

        2) Seksi Pengolahan Data dan Pelaporan;

 

 

f.     Bidang Dokumentasi , Sosialiasi dan Evaluasi , terdiri dari :

        1) Seksi Dokumentasi dan Perubahan Data Penduduk;

        2) Seksi Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi;

g.    Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)

h.    Kelompok Jabatan Fungsional.

Pengunjung