Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan

 

DINAS PERTANIAN, PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN SINTANG

 

Dasar Pembentukan SKPD:

Peraturan Bupati Sintang Nomor 38 Tahun 2008 tanggal 1 September 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang.

 

Data Pimpinan SKPD

 Nama : Ir. Arbudin, M.Si

- NIP : 19650428 199303 1 010

-Pangkat/Gol.Ruang : Pembina Tk.I/ IV b

- Tempat tgl Lahir : Kandangan, 28 April 1965

- Pendidikan : S2 Ilmu Administrasi Negara

Visi dan Misi

Visi :

Pertanian Organik :

Yaitu pertanian yang memanfaatkan bahan-bahan organik untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perlindungan tanaman sampai dengan menghasilkan produksi yang menghasilkannya menggunakan bahan-bahan organik (back to nature) al; Pupuk, Pestisida (mengurangi penggunaan pupuk dan pestisida buatan yang mengandung bahan kimia).

Swasembada Pangan :

Tercapainya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Kabupaten Sintang dari Produksi Pertanian tanpa ketergantungan dari daerah luar kabupaten.

Masyarakat yang Sejahtera :

Sasaran dan tujuan akhir pembangunan pertanian, peternakan dan perikanan Kabupaten Sintang adalah keluarga tani yang makmur dan sejahtera, cukup terpenuhi kebutuhan pangan.

Misi :

1.Revitalisasi/Pemberdayaan Potensi Sumber daya alami;

Yaitu bahwa pembangunan pertanian, peternakan dan perikanan Kabupaten Sintang diarahkan untuk memaksimalkan pemanfaatan sumberdaya alami serta potensi yang ada antara lain sumberdaya alam dan sumberdaya manusia.

2.Pertanian Produktif;

Yaitu pembangunan pertanian, peternakan dan perikanan Kabupaten Sintang selain produktif dan berkualitas juga diarahkan untuk menghasilkan produk-produk pertanian, peternakan dan perikanan secara maksimal sehingga mampu memenuhi kebutuhan.

3.Pertanian Ekonomis;

Yaitu pembangunan pertanian, peternakan dan perikanan Kabupaten Sintang dalam pengelolaan usahatani dengan memperhatikan prinsif-prinsif ekonomis, yaitu efisien dan efektivitas menekan biaya produksi serendah mungkin tetapi menghasilkan produk yang berkualitas hal ini diwujudkan dengan pelatihan kewirausahaan, diversifikasi usahatani, inovasi dan penerapan teknologi.

4.Pertanian yang partisipatif;

Yaitu dalam melaksanakan pembangunan pertanian, peternakan dan perikanan di Kabupaten Sintang mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanan, pemasaran dan pengendalian akan selalu melibatkan berbagai komponen masyarakat yang terlibat dalam aktivitas pembangunan tersebut.

5.Meningkatkan aktivitas dan kinerja;

Meningkatkan aktivitas dan kinerja seluruh stake holder pertanian, peternakan dan perikanan di Kabupaten Sintang baik aparatur maupun petani untuk mendapatkan usaha-usaha yang produktif.

6.Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia;

Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pelaku pembangunan Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pertanian, peternakan dan perikanan maupun kualitas hasil produksi pertanian, peternakan dan perikanan dan kualitas sumberdaya pendukung. Meningkatkan daya saing hasil produksi pertanian, peternakan dan perikanan dan penekanan pada mutu produksi sehingga mampu berkompetisi di pasaran. Mengembangkan usahatani yang ekonomis dengan produk-produk yang memiliki nilai jual.

7.Mengembangkan dan meningkatkan potensi sumberdaya lokal;

Mengembangkan dan meningkatkan potensi sumberdaya lokal baik alam, manusia dan teknologi untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya guna meningkatkan produksi dan produktivitas.

8.?Meningkatkan kesejahteraan petani;

Meningkatkan kesejahteraan petani agar dapat memenuhi kecukupan pangan, sandang, papan dan pendidikan. Ditempuh dengan peningkatan produksi, penampungan dan pemasaran hasil, pengutan modal usahatani, pembinaan dan penyuluhan.

?

Alamat SKPD

Jalan YC. Oevang Oeray No. 62 Sintang Telp/Fax (0565) 20607

 

Tupoksi dan Progaram Utama SKPD

Pada pasal 3 Bab III Keputusan Bupati Sintang Nomor 38 Tahun 2008 dinyatakan bahwa Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang mempunyai tugas melaksanakan sebagian kewenangan Bupati Sintang di Bidang Pertanian Tanaman Pangan/Hortikultura, Peternakan, Perikanan dan kebijakan ditetapkan oleh Bupati.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, maka Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang mempunyai Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis Bidang Pertanian Tanaman Pangan/Hortikultura, Peternakan dan Perikanan.
  2. Penyusunan dan pelaksanaan secara strategis dan rencana kerja tahunan dibidang pertanian, peternakan dan perikanan.
  3. Pembinaan UPTD di bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan.
  4. Pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, humas dan arsip Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan.
  5. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dibidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan.
  6. Pelaksanaan evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  7. Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan;
  8. Penyusunan penetapan kinerja di bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan.
  9. Penyusunan analisi jabatan;

10.Penyusunan Pengawasan Melekat;

11.Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati Sintang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Program Utama:

- Peningkatan Ketahanan Pangan.

- Peningkatan Penerapan Teknologi Pertanian

- Peningkatan Produksi, Produktivitas dan mutu tanaman pangan untuk mencapai swasembada dan swasembada berkelanjutan.

- Peningkatan Kesejahteraan Petani.

- Peningkatan Hasil Peternakan.

- Pencegahan dan Penanggulangan penyakit ternak.

- Peningkatan Penerapan Teknologi Peternakan.

- Pemberdayaan Masyarakat dalam pengawasan dan pengendalian sumberdaya kelautan.

- Pengembangan budidaya perikanan.

- Optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan.

- Pengembangan budidaya laut, air payau dan air tawar.

- Peningkatan sarana dan prasarana aparatur.

-Pelayanan administrasi perkantoran.

-Peningkatan kapasitas sumberdaya aparatur.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Sekretariat

 

Gambar 1 : Gedung Kantor Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang, YC. Oevang Oeray No. 62 Sintang Telp/Fax (0565) 20607 (FHOTO SEKRETARIAT).

kegiatan Tanaman Pangan

Gambar:  Kegiatan SL-PPT Padi Tahun 2012

Gambar :  Pembinaan dan Penanaman Perdana Pertanian Organik serta Pembinaan Petani Penangkar Benih Tahun 2012

kegiatan Peternakan

Gambar :  Serah Terima Bantuan Bibit sapi untuk masyarakat Desa Kenuak Kecamatan Ketungau Hilir oleh Wakil Bupati Sintang Tgl 15 Februari 2013

Kegiatan Perikanan

 

Gambar :  Penebaran Benih & Panen Raya budidaya ikan keramba pada kelompok pembudidaya ikan “Dara Juanti” di Kel. Kapuas Kiri Hulu Kec. Sintang oleh Bupati Sintang Tgl 5 Februari 2013 (1. POK DARA JUANTI).

 

Gambar : Pembukaan oleh Wakil Bupati Sintang pada acara “Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan tahun 2012” oleh Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kab. Sintang tgl 3 Nopember 2012 (3. LAT PENGOLAHAN IKAN DPPP).

Gambar :  Pembukaan oleh Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan pada acara “Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan tahun 2012 di Sintang” yang dilaksanakan oleh Balai Pelatihan Pengolahan Perikanan (BPPP) Tegal untuk daerah perbatasan April 2012 (4. LAT PENGOLAH IKAN BPPP TEGAL).

Gambar :  Panen raya budidaya ikan keramba pada kelompok “Swadaya“ di desa Sei Ukoi, Kec. Sei Tebelian, oleh Bupati Sintang, Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan & Camat Sei Tebelian Januari 2012 (5. FOTO SEI TEBELIAN).

 

Gambar :  Temu Wicara dan Panen Raya budidaya ikan keramba pada kelompok ”Cipta Mandiri II” di desa Mensiku Pantai Kec. Binjai Hulu, oleh Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan, BP4KP. 13 PEBRUARI 2013 (6. FOTO BINJAI HULU).

Pengunjung