Adakan Pelatihan Linux, Diskominfo Sintang Dapat Respon Positif Dari OPD Dan SMK Se-Kabupaten Sintang

Selasa, 13 Nop 2018 oleh oliv
 
Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Sintang gelar Pelatihan Linux tingkat dasar bertempat di aula DISKOMINFO Jl. M. Saad Kelurahan Tanjung Puri Sintang. Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang G.A. Anderson SH, MM pada selasa 13/11/2018 pukul 09.00 WIB.
 
kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 13-16 November 2018 dengan maksud mendukung pelaksanaan pemerintahan Kabupaten sintang yang berbasis elektronik, serta mendukung integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi menuju Sintang Smartcity tahun 2019. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompetent, profesional, dan berintegritas di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi serta meningkatkan pengetahuan peserta dalam memahami free opensoure software utamanya yang berbasis linux.
 
Berdasarkan laporan dari Ketua Panitia Pelatihan Rosandri Chandra, “Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 30 orang yang terdiri dari 18 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Sintang, serta 12 peserta dari siswa SMK yang ada di Kabupaten sintang. Dengan 2 orang Narasumber/Instruktur yaitu Nana Suryana, S.Kom dan Yuni Tri Nimas Sari dari PT. Optimus Komputer Jakarta”.
 
Sementara itu OPD yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya Sekretariat daerah, Inspektorat, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Badan Pengelola Pendapatan Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Perenccanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan, Badan Lingkungan Hidup, Kantor Arsip Daerah, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten sintang.  Dan Sekolah kejuruan yang juga turut ikut berpartisipasi diantaranya SMKN 1 Sintang, SMK Budi Luhur, Serta SMK Muhammadiyah Sintang.
 
Terdapat beberapa materi yang menjadi fokus utama dalam pelatihan ini, antara lain: 1) Pengenalan Linux dan sejarahnya, 2) Instalasi Distro Ubuntu dan partisi, 3) Konfigurasi Network (Setting IP) dan printer, 4) Instalasi Aplikasi Via Package Manager, 5) Aplikasi Open Source (Brasero, Totem, Rhythmbox, Gimp, Browser Mozilla dan Chrome)), 6) Pengenalan Penggunaan Aplikasi Open Source Linux (Word, Exel, PPT).
 
Dalam proses pelatihan ini, peserta diberikan fasilitas berupa ATK dan DVD drive yang berisikan materi pelatihan serta Distro OS Ubuntu Linux oleh Diskominfo Kabupaten Sintang guna memudahkan para peserta dalam mengikuti proses pelatihan dan mengembangkan lebih lanjut. Rencananya pelatihan ini akan dilanjutkan ke tingkat lanjut beberapa minggu lagi, agar mampu menghasilkan SDM IT dibidang opensourece yang berbasis linux. (yat)
 
 
 
Diskominfo


Menteri Hukum dan Ham Resmikan Gedung GKE Petra dan Membuka Pertemuan Raya I Kaum Bapak GKE SE-Indonesia  151 ASN DIANUGRAHI SATYALANCANA, BUPATI SINTANG INGATKAN TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI KE-4  

Pengunjung