LOMBA MASAK BERBAHAN DASAR IKAN

Kamis, 9 Agu 2018 oleh nyemas
 

Kegiatan lomba masak berbahan utama ikan yang di laksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Sintang di laksanakan pada selasa 7 Agustus 2018 pukul 12.00 WIB  di Gedung Pancasila Sintang.

Acara di buka langsung oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph  dan di dampingi oleh kepala Dinas ketahanan pangan dan perikanan Kabupaten Sintang Ir. H. Zulkarnaen. M. Si

Acara di ikuti oleh perwakilan ibu-ibu PKK dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang di antaranya, Kecamatan Sungai Tebelian, Kecamatan Ketungau Tengah, Kecamatan Ketungau Hilir, Kecamatan Dedai, Kecamatan Serawai, Kecamatan Kelam Permai, Kecamatan Binjai Hulu, Kecamatan Sepauk, Kecamatan Ambalau, Kecamatan Ketungau Hilir, serta Kecamatan Kayan Hulu.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang menyampaikan kepada seluruh peserta dan juga tamu undangan untuk menggalakan kampanye konsumsi hasil perikanan. Mengingat konsumsi ikan di kalangan masyarakat Kabupaten Sintang saat ini masih terbilang rendah, yaitu kurang dari 28 kg/orang/tahun. Bupati Sintang juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mengutamakan mengkonsumsi ikan ketimbang daging sapi ataupun ayam, guna mengurangi tingginya angka pasien pengidap penyakit tekanan darah tinggi, serangan jantung,dan juga stroke yang di akibatkan konsumsi daging berlebih.

"Dinas ketahanan pangan dan perikanan saat ini sedang menggalakan budidaya ikan lokal baik itu dalam bentuk keramba dan juga kolam ikan. Serta sedang di lakukan penyebaran benih-benih ikan di kolam-kolam yang ada di setiap Kecamatan guna meningkatkan produksi ikan saat ini“ .Pungkas Zulkarnaen kepada awak media.

Dengan adanya lomba memasak ini, Zulkarnaen nantinya akan menjalin kerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Sintang untuk mempromosikan hasil tangkapan ikan ke setiap hotel dan restoran yang ada. Melalui resep-resep masakan yang telah dipresentasikan oleh ibu-ibu PKK se Kabupaten Sintang.

“Produksiikan di Kabupaten Sintang saat ini mencapai 11.184 ton/tahun untuk ikan lokal dan akan di tingkatkan terus setiap tahunnya”.Tutupnya kepada awak media

Dalam perlombaan tersebut, pemenang di tentukan berdasarkan hasil penilaian dari 3 orang juri yang telah di tetapkan panitia. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu juri, terdapat 5 kriteria atau indikator penilaian yaitu, penyajian, cita rasa, kreativitas, kebersihan, serta penampilan masakan itu sendiri.

Dari hasil perlombaan memasak ikan, terpilih 6 pemenang berdasarkan jumlah poin tertinggi. Juara pertama Kecamatan Kelam Permai dengan jumlah poin 2.178. Juara kedua Kecamatan Dedai dengan point 1.830. Juara ketiga Kecamatan Binjai Hulu dengan poin 1.741.Juara harapan satu Kecamatan Ambalau dengan poin 1.728.Juara harapan dua Kecamatan Sintang dengan poin 1.725.Dan juara harapan tiga Kecamatan Serawai dengan poin 1.625. (Day)



PELETAKKAN BATU PERTAMA RUSUN RSUD RUJUKAN ADE MUHAMMAD DJOEN  BUPATI SINTANG MEMBUKA ACARA HARI KESATUAN GERAKAN PKK ( HKG ) KE - 46 TAHUN 2018 

Pengunjung